Tuesday, February 2, 2010

Kado untuk "Raja dan Ratu Sehari"



Kompas Klasika, Jumat, 29 Januari 2010
Pernikahan adalah momen yang paling berkesan seumur hidup. Momen ini patut diabadikan sebagai kenangan yang terindah. Pasalnya, pernikahan adalah momen yang spesial, pemberian kado bagi pasangan pengantin menjadi kelaziman bagi sebagian orang.

Konon kado pengantin pertama bermula dari Belanda. Alkisah ada pasangan yang menikah namun tidak direstui oleh kedua orangtua mereka sehingga harta pemberian orangtua pun tidak mereka dapatkan. Oleh karena mempelai laki-laki terkenal akan kedermawanannya, para kenalan pengatin baru tersebut memberikan hadiah berupa perlengkapan rumah tangga. Tradisi ini pun menyebar luas hingga ke mancanegara.

Disamping tradisi pemberian kado, umumnya pengantin baru di Belanda mendapatkan kado pernikahan berupa garam dan merica. Garam dan merica dianggap sebagai bumbu masak yang selalu dipakai bersama di dapur dan saling melengkapi. Kado ini melambangkan pasangan yang baru menikah sebagai kesatuan yang terikat dan saling melengkapi seperti garam dan merica.

Pada umumnya, kado pernikahan di Indonesia berupa perabot rumah tangga seperti peralatan dapur dan tea set atau seprai. Pasalnya, banyak orang yang berpikiran sama, maka tak jarang pengantin mendapatkan seprai atau tes set yang berlipat.

Sifat kado pernikah sebetulnya tidak jauh berbeda dengan kado ulang tahun. Spesial, unik, dan bermanfaat. Namun terkadang tidak mudah menentukan kado yang tepat buat mempelai. Untuk memilih kado yang berkesan dan bermanfaat bagi pernikahan teman atau saudara, sebaiknya Anda harus pintar memilih.

Ada beberapa pertimbangan untuk mencari kado pengantin yang tepat, yatu:
1. Sebaiknya kado pernikahan merupakan barang-barang kebutuhan saat menjajaki rumah tangga baru. Usahakan barang tersebut fungsional dan disukai sang pengantin. Misalnya peralatan rumah tangga seperti peralatan memasak, serta perabotan seperti furnitur.

2. Bungkus kado dengan menarik. Serasikan dengan tema pesta pernikahan atau pilihlah warna favorit mempelai sebagai pembungkus kado. Niscaya, setelah selesai acara pernikahan, perhatian mempelai akan tertuju pada kado Anda.

3. Pilih benda-benda unik untuk mempelai. Misalnya sepasang mug atau sepasang sarung bantal dengan tulisan nama kedua mempelai. Selain unik, benda-benda tersebut akan memberikan kesan tersendiri. (MIL)

1 comments:

Printer Kasir said...

Wah,info yang sangat membantu sakali, Bisa di coba nih besok kalau akan mengasih ka

Post a Comment