Tuesday, February 2, 2010

SEBELUM MELANGKAH KE PELAMINAN



Kompas Klasika,Rabu, 20 Januari 2010
Inilah proses yang dinanti oleh banyak pasangan. Mengekekalkan tali kasih dalam ikatan yang suci dan abadi. Hanya sekali seumur hidup, sehingga segalanya pun diatur dengan rapi agar setiap prosesi berjalan lancar, mulai dari proses adat, akad nikah, hingga saat resepsi.

Tentu saja, bukan perkara mudah mengatur dan menyiapkan segalanya, terlebih ada banyak hal yang detil yang juga menuntut perhatian lebih. Untuk mudahnya, buat daftar secara runut akan segala hal yang dibutuhkan dan tandai bagian yang telah diselesaikan, seperti berikut ini:
1. Tempat resepsi

2. Catering

3. Dekorasi

4. Fotografer & videografer

5. Hantaran

6. Baju pengatin & keluarga

7. Penata rias & rambut

8. Kartu undangan & souvenir

9. Cek kesehatan pranikah, yang kini makin banyak ditemui paket-paket khusus untuk memeriksa kesehatan kedua calon mempelai. Pemeriksaan pranikah ini antara lain menilik ada-tidaknya penyakit keturunan seperti Thalassemia & Hemofillia, menilik kecocokan rhesus darah, hingga ada-tidaknya penyakit menular seksual.

10. Wedding registry. Konsep yang diadaptasi dari Amerika Serikat ini sudah mulai diterapkan oleh pasangan pengantin di Indonesia, dengan memanfaatkan jasa penyedia wedding registry. Di Indonesia, pihak wedding organizer banyak yang menyediakan jasa tersebut. Buatlah daftar hadiah yang Anda inginkan dari kerabat terdekat, yang kemudian diatur sedemikian rupa oleh wedding organizer, sehingga tidak ada kado yang sama dari dua orang. Seiap calon pengantin pun bebas memilih barang yang diinginkan, namun biasanya yang bisa berguna untuk kehidupan berumah tangga nanti, seperti: kompor, perangkat dapur, ornamen furniture, keperluan rumah tangga.

Daftar ini hanyalah sebagian dari seluruh rangkaian persiapan yang harus dilakukan oleh setiap calon mempelai. Semuanya juga tergantung dari konsep pernikahannya, adat atau modern, akan dikerjakan sendiri atau menggunakan jasa wedding organizer. Yang jelas, jangan sungkan untuk bertanya kerabat yang sudah melalui tahapan ini untuk mendapat alternatif yang terbaik.ADT

0 comments:

Post a Comment