Saturday, February 6, 2010

Tips Oke Membersihkan Perlengkapan Dapur Agar Awet & Tahan Lama

Agar tahan lebih lama, simpan peralatan atau perlengkapan dapur dengan seksama. Berikut tips untuk menjaganya:

Peralatan aluminium
Jangan biarkan peralatan aluminium terkena air sabun terlalu lama. Jika peralatan terlanjur berubah warna, cukup rendam dengan air yang ditambahkan sesendok makan cream of tartaratau sesendok makan jus lemon untuk seperempat bagian air. Lalu gosok permukaan yangberubah warna dengan steel wool pad hingga hilang.

Peralatan masak anti lengket
Gunakan spatula berbahan kayu, plastik khusus maupun karet agar lapisan tidak tergores. Bila terdapat noda, bisa dibersihkan dengan campuran 2 sendok makan baking soda, satu cangkir air dan setengah cangkir pemutih. Panaskan larutan dalam panci beberapa menit hingga noda hilang. Lalu cuci seperti biasa. Jangan rendam dalam air sabun terlalu lama, pelapis dapat menahan air sabun dan menimbulkan rasa sabun pada masakan. Setelah dicuci dan dikeringkan, oleskan minyak sayur untuk mempertahankan kualitas pelapis.

Peralatan plastik
Jika wadah plastik berbau tak sedap, masukkan gumpalan koran ke dalam wadah. Tutup dengan penutupnya dan biarkan semalam. Gumpalan koran akan menyerap bau tak sedap pada wadah plastik. Untuk menghilangkan noda maupun sisa makanan yang lengket, oleskan pasta yang terbuat dari baking soda dan air dalam perbandingan sama. Gunakan sponge atau kain lembut untuk menggosok alat berbahan plastik dan sabun sintetik untuk alat berbahan karet.

Peralatan gelas dan keramik
Jika dicuci manual, cukup dengan berhati-hati saja saat mencuci agar tidak pecah. Beberapa alat berbahan gelas juga dapat direbus untuk menghilangkan kotoran membandel seperti lemak. Jika air rebusan habis, matikan kompor dan biarkan hingga dingin. Pada kasus teko coffee/tea maker yang ternoda sulit hilang, rebus cuka apel hingga 15 menit. Setelah usai, bilas, dan keringkan.
(Laili/NOVA)

1 comments:

Barcode Printer said...

Wah Info yang sangat bagus dan sangat membantu sakali...

Post a Comment