Monday, February 8, 2010

8 KEBIASAAN YANG MERUSAK PANCI ANTILENGKET

Semua panci, wajan, serta perlengkapan masak lain yang berlabel antilengket, sengaja diciptakan untuk menghasilkan makanan yang lebih sehat karena memasak dengan peralatan itu berarti mengurangi jumlah minyak yang dipakai. Di samping itu, juga mengurangi waktu untuk membersihkan peralatan tadi karena lebih mudah mencucinya. Tapi kalau tak dirawat dengan baik, umur peralatan pun cuma sebentar alias gampang rusak. Rawat dan lindungi dengan menghindari kebiasaan buruk berikut.

1. Jadi alas memotong
Memotong daging, sayuran, atau lainnya di dalam panci/wajan dengan pisau metal, hanya akan mengakibatkan goresan di permukaan. Meski goresan hanya sedikit, tetap bisa membuat panci/wajan berkarat. Gunakan peralatan dari karet atau spatula silikon untuk memotong dan mengambil makanan dari panci atau wajan.

2. Cara penyimpanan yang salah
Menyimpan secara sembarangan, mencampur dengan alat-alat lain yang terbuat dari metal, akhirnya dapat menyebabkan goretan. Tata peralatan antilengket dengan benar. Jangan ditumpuk dengan yang bukan antilengket demi menghindari goresan.

3. Perubahan suhu air yang drastis
Wajan antilengket yang dalam keadaan sangat panas langsung disiram air dingin atau air suam-suam kuku, dapat menyebabkan kerusakan dan berubah bentuk. Kalau sudah begitu, wajan tak akan lagi memiliki kemampuan mendistribusikan panas. Otomatis, kemampuan untuk "memasak" pun berkurang. Jadi, sehabis dipakai, biarkan wajan benar-benar dingin sebelum dicelupkan atau disiram air.

4. Pakai sodet/spatula metal
Jangan pernah menggunakan peralatan metal/stainless steel untuk mengaduk, menyendok, membalik, mencampur, bahkan menjepit makanan di dalam wajan/panci antilengket. Tanpa sengaja mengambil makanan dari dalam wajan dengan garpu stainless steel saja, bisa mengakibatkan goresan. Peralatan yang terbaik adalah yang terbuat dari kayu, plastik, atau silikon.

5. Sabut Kasar
Menggunakan produk untuk membersihkan alat-alat makan yang terbuat dari metal atau kulit/lap yang keras, dapat menyebabkan lapisan antilengket terlepas. Sebaiknya gunakan lap pembersih yang lembut atau busa halus. Cara mencuci yang benar adalah dengan merendam dengan air untuk beberapa lama agar kotoran yang melekat lepas dengan mudah. lalu bersihkan dengan spons lembut atau bilas langsung dengan air sedikit hangat yang sudah dicampur dengan sabun.

6. Mesin Cuci Piring
Deterjen yang digunakan untuk mesin cuci piring umumnya cukup keras jika dipakai untuk mencuci hampir semua peralatan antilengket. Akibatnya, wajan/panci/loyang jadi rusak dan juga tak dapat kering 100 persen sehingga menimbulkan karat. Sebaiknya, cuci dengan tangan kemudian langsung dilap hingga kering. Pastikan peralatan masak ini dalam keadaan 100 persen kering sebelum disimpan.

7. Memasak Dengan Panas Tinggi
Hampir semua peralatan masak antilengket dibuat untuk memasak makanan dengan panas rendah hingga sedang. Panas yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan lapisan meleleh atau melepuh dan akhirnya panci menjadi rusak. Untuk merawat panci dan membuatnya panjang umur, baca baik-baik aturan pakai mengenai panas yang dapat digunakan oleh peralatan tersebut.

8. Menyimpan Makanan Di Wadah
Jangan biarkan atau simpan makanan yang sudah diolah di dalam panci anti-lengket. Segera pindahkan ke wadah lain.
Source: nostalgia.tabloidnova.com

1 comments:

oedin2005@yahoo.com said...

saya jual panci rice cooker miyako ukuran 1.8 Lt. harga 100 rb belum ongkos kirim

Post a Comment